Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS BELAJAR



Kiat belajar

Yuks belajar… !!!

Kebanyakan orang, terutama siswa, mereka sangat malas untuk belajar. Belajar diangkap sesuatu yang membosankan, tidak asyik untuk dilakukan. Yah…, klo dipikir-pikir emang iya sih! Tapi, apakah kemalasan itu harus dituruti/ diikuti? Yang rugi diri sendiri loh! Zaman semakin maju, teknologi semakin pesat, pelajaran pun semakin tinggi. Nah, jika kita tidak mampu mengikuti, bisa dibayangkan dong, masa depan seperti apa yang akan menanti.

Untuk itu, disini penulis mengajak untuk belajar…belajar…belajar…!!! Belajarlah, dan raihlah cita-citamu. Kamu mau jadi apa, itu semua tergantung dari apa yang kamu kerjakan hari ini. Yuks lakukan karena sukses tengah menantimu!

Berikut tips belajar yang dapat kamu praktekkan.

1.     Kuatkan niat/ tekad

Niat kamu untuk belajar, untuk bisa menggapai cita-cita harus benar-benar kamu tanamkan di diri kamu. Ini akan menjadi cambuk yang akan menyemangati kamu untuk terus berlajar demi menggapai cita-cita.

2.     Cintai/ sukai pelajaran

Semua pelajaran yang akan kamu pelajari harus kamu sukai terlebih dahulu. Apa yang kamu pelajari hari ini merupakan kunci sukses dikemudian hari. Masa sih, kamu tidak menyukai kesuksesan? Jika kamu menyukai kesuksesan, maka kamu harus bisa menyukai jalan menuju kesuksesan itu sendiri, yaitu dengan menyukai pelajaran yang akan kamu pelajari.

3.     Tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar yang nyaman akan menjadi pendukung utama agar kamu bisa betah berlama-lama di tempat itu untuk belajar. Untuk itu, jika ruangan tempat kamu belajar berantakan, maka kamu rapiin dulu deh, dan semprotkan juga wewangian yang segar. Wewangian yang segar akan membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga pelajaran nantinya lebih mudah kamu serap.

4.     Suasana yang tenang

Suasana yang tenang disini, yaitu tempat yang tidak banyak keributan. Suara bising kendaraan, anak-anak bermain, dan suara lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi belajar harus kamu hindari, setidaknya kamu minimalisir.

5.      Mendengarkan musik

Kalau untuk yang satu ini, tergantung kamunya sendiri. Ada sebagian orang yang senang belajar sambil mendengarkan musik. Akan tetapi, ada juga yang merasa terganggu belajarnya jika ada musik.

6.     Belajar bersama

Belajar bersama akan membuat kamu lebih rileks dalam belajar karena kamu bisa bertukar pikiran dengan teman apabila ada sesuatu yang sulit untuk kamu pahami. Selain itu, Ketika belajar bersama, juga akan muncul senda gurau yang akan menciptakan suasana santai dalam belajar. Nah, ini akan membuat belajar itu menjadi lebih menyenangkan.

7.     Memahami pelajaran

Pelajaran yang sedang kamu pelajari harus kamu pahami dengan baik. Jadi, bukan sekedar hafalan ya… . Jika kamu memahami pelajaran dengan baik, maka pelajaran akan lebih mudah bagi kamu untuk mengingatnya. Apabila suatu saat kamu lupa, kamu hanya perlu membuka sedikit buku kamu, maka pelajaran itu sudah dapat kamu pahami kembali.

8.     Mengulang Kembali pelajaran

Kamu harus rajin mengulang kembali pelajaran yang telah kamu pelajari. Tujuannya agar pelajaran itu dapat selalu kamu ingat. Proses mengulang pelajaran tentu berbeda saat kamu pertama mempelajarinya, jadi tentu saja proses mengulang pelajaran tidak akan membutuhkan waktu yang banyak untuk kamu bisa memahami pelajaran itu kembali. Ingat kata pepatah “lancar kaji karena diulang.”

 

 


Posting Komentar untuk "TIPS BELAJAR"