Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Hidup berumah tangga, bukan hanya harus pandai memasak, mengurus rumah, anak, dan suami. Akan tetapi, istri juga harus pandai mengatur keuangan rumah tangga. Banyak istri yang kesulitan mengatur keuangan karena kebutuhan rumah tangga yang cukup besar. Sering kali di akhir bulan uang sudah habis tepakai semua. Mereka lupa untuk menabung/ berinvestasi.

Untuk itu, dibutuhkan keahlian dalam mengatur keuangan rumah tangga agar setiap kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik, karena tidak jarang kebutuhan uang secara mendadak atau mendesak sering terjadi. Nah, kalau keuangan sudah dipersiapkan dengan baik, maka hidup pun jauh lebih tenang.

Disini penulis akan memberikan beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga.

1.       Keluarkan biaya rutin

Untuk kebutuhan harian seperti biaya listrik, cicilan, air, gas, sabun, gula, beras, dll, harus dikeluarkan terlebih dahulu. Sisanya adalah untuk kebutuhan masakan harian, rekreasi, dan investasi.



2.       Membuat daftar belanja

Ketika akan berbelanja, buatlah daftar belanja, dan fokuslah belanja sesuai daftar yang telah dibuat. Jangan membawa uang terlalu banyak, lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga. Hal ini untuk memcegah hasrat belanja membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.



3.       Catatlah pengeluaran

Ini bertujuan agar dapat mengetahui secara jelas pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan lebih pintar menyiasati uang belanja untuk bulan berikutnya.


4.       Daftar menu masakan

Membuat daftar menu masakan akan menjadi jurus jitu mengatur keuangan, sekaligus jurus membuat masakan Anda menjadi lebih bervariasi, dan akan lebih membangkitkan selera makan. Anda pun akan semakin kreatif di dapur. Misalnya, hari ini daging, besok telur, lusa ikan, dst. Jadi… siasati menu harian Anda ya…



5.       Kurangi kegiatan berbelanja

Untuk membeli kebutuhan masakan harian, Anda harus berpandai-pandai. Jangan terlalu sering berbelanja karena ini akan membuat keuangan menjadi tidak terkontrol. Misalnya, untuk kebutuhan dapur/ masakan harian, Anda dapat berbelanja sekali seminggu atau dua kali dalam seminggu. Untuk itu, Anda harus pandai dalam memilih ikan dan sayuran yang akan dibeli.


6.       Mengolah bahan makanan dengan tepat

Mengolah bahan makanan sesuai dengan masa ketahanan bahan makanan tersebut. Misalnya, antara sayur kangkung dengan kol, mana yang lebih tahan lama. Jika kol lebih tahan lama, maka yang harus Anda olah terlebih dahulu adalah sayur kangkung.


7.       Simpan bahan makanan dengan baik

Gunakan lemari es sebagai tempat penyimpanan bahan makanan seperti ikan, sayur, buah, dll. Untuk bahan makanan kering seperti gula, kacang, dll, gunakan wadah tertutup. Perhatikan tanggal ekspired pada kemasan, dan jika menggunakan wadah (toples), maka cantumkan tanggal ekspired pada wadah (toples) tersebut.



8.       Dapur hidup

Jika ada waktu santai, maka manfaatkanlah untuk membuat dapur hidup. Anda bisa menanam sendiri sayur dan bumbu dapur, seperti jahe, kunyi, dll. Di jamin hasil tanaman akan lebih sehat karena Anda dapat menghindari penggunaan pupuk dan racun hama. Kalaupun ingin menggunakan pupuk, maka gunakanlah pupuk organik.



Semoga tips ini bisa membantu Anda mengatur keuangan rumah tangga dengan baik.

 

  

Posting Komentar untuk "8 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga "