Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGEMBARA NAFKAH

 



Pengembara Nafkah

 

Ketika fajar masih enggan membuka matanya

Tubuh kekarmu sudah lebih dulu berkelana

Ditemani dinginnya embun pagi yang menerpa

Diiringi senyumanmu yang luar biasa

 

Tubuhmu bukanlah raksasa

Aku tau kau juga rapuh seperti manusia lainnya

Aku tau kau lelah ayah

Tapi aku tak mampu berbuat apa-apa

 

Senyum manis yang kau bawa saat pulang bekerja

Seakan menggoreskan luka nestapa

Bukan aku tak bahagia melihatmu ayah

Hanya saja memoriku selalu memutar perjuangan

Dirimu saat mencari nafkah

 

Aku mungkin takkan mengerti perasaanmu

Satu hal yang harus kau mengerti ayah

Aku selalu menyayangimu

Aku bangga memiliki dirimu

 

Ayah...

Terimakasih untuk raga yang tak pernah lelah

Untuk rasa sayang yang tak pernah berubah

Untuk perjuangan yang tiada habisnya

Untuk semua hal yang tiada pamrihnya

 

Doamu adalah kekuatanku

Dirimu adalah motivasiku

Teruslah menjadi penopangku ayah

Sampai aku mampu menjadi anak

Yang berguna untukmu

 

Aku putrimu

Sangat mencintai dirimu

 

Putrimu

Nurhayati

 

Berikut ulasan puisi “Pengembara Nafkah”.

Ayah menjadi sosok yang mempunyai peran penting dalam kehidupan anak. Sebagai kepala rumah tangga, ayah bertanggung jawab penuh atas kehidupan anak dan juga istri. Dari sosok ayah, anak bisa belajar arti dari tanggung jawab dan kerja keras. Tak heran, figur ayah begitu dikagumi anak-anaknya. Kekaguman pada sosok kepala keluarga ini bisa ditunjukkan melalui kata-kata untuk ayah yang penuh makna.

Pengembara nafkah adalah sebuah puisi seorang anak untuk ayahnya, yang bercerita tentang perjuangan  seorang Ayah. Puisi ini wujud rasa sayang, cinta dan kagumnya kepada ayah. Baginya ayah adalah pemberi kekuatan, motivasi dan penyemangat. Sehingga dari rasa cintanya inilah muncul puisi “Pengembara Nafkah”.

Disini digambarkan bagaimana sosok ayah. Ayah Seseorang yang tak pernah kenal lelah untuk mencari nafkah. Dia rela merasakan letih, sakit saat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Semua yang ia lakukan adalah untuk membahagiakan istri dan anak-anaknya. Ia tak mau mereka kelaparan, ia tak mau mereka kekurangan, sehingga sekuat tenaga ia bekerja agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Ayah sosok yang luar biasa, yang penuh dengan cinta. Cinta yang tidak akan pernah bisa terukur. Cintalah yang membuatnya menjadi kuat. Cintalah yang membuatnya rela berkorban. Cintalah yang membuatnya tetap tersenyum disaat rasa letih, lelah dan sakit mendera.

Ayah juga sosok yang tak pernah mengeluh. Begitu banyaknya masalah dan beban yang menghimpit, ia tetap bersemangat untuk tetap bekerja mencari nafkah. Ia tidak pernah menyerah meski beratnya beban hidup yang ia jalani. Semuanya dijalaninya dengan ikhlas karena cinta yang begitu besar yang  ia miliki mampu mengalahkan segalanya. Begitulah keperkasaan seorang ayah.

Tak akan pernah bisa seorang anak membalas pengorbanan dan kasih sayang ayah. Untuk itu, berikanlah cinta terbesar yang kita miliki karena kita tak akan pernah bisa membalas segala pengorbanannya.


Posting Komentar untuk "PENGEMBARA NAFKAH"