Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 ALASAN MENGAPA BERBUKA HARUS DENGAN KURMA

 


Memasuki Ramadan tahun ini dengan kondisi cuaca yang cukup panas, tubuh pasti membutuhkan asupan energi yang cukup agar aktivitas tidak terkendala dan ibadah menjadi lancar. Oleh karenanya, makanan yang kita konsumsi haruslah kita perhatikan kandungan nutrisinya agar tubuh kita tetap vit walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Salah satu kudapan yang sangat Favorit saat Bulan Puasa adalah Kurma. Dan buah yang disukai Nabi Muhammad SAW ini memiliki berbagai jenisnya.

Kurma adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Sesuai anjuran Nabi Muhammad saw, kurma sangat baik dikonsumsi saat berpuasa khususnya ketika berbuka dan makan sahur. Kandungan dalam buah kurma ini yang akan membantu mengembalikan stamina tubuh saat puasa.

Kandungan karbohidrat dalam buah kurma ini cukup banyak sehingga wajib dijadikan santap berbuka dan sahur. Selain itu kandungan anti-oksidan dalam buah kurma juga cukup tinggi. Sehingga buah ini juga dapat diandalkan untuk membantu mengurangi inflamasi, risiko diabetes, hingga alzheimer.

Kaya protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral. Kandungan serat yang tinggi dalam buah kurma juga mampu melancarkan sistem pencernaan saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Kandungan potasium dalam buah kurma juga sangat membantu dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh saat puasa.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari kurma adalah kurma tidak meningkatkan kadar gula darah dan bebas dari kolesterol. Bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi, Anda masih bisa ikut menikmati manisnya buah satu ini. Selain itu juga, manfaat kurma dikonsumsi saat berbuka adalah :

1.      Mengontrol Nafsu Makan

Saat akan berbuka puasa biasanya kita akan membeli segala makanan untuk dimakan saat berbuka puasa, dan biasanya kita kalap segera menyantap berbagai takjil dan makanan berat yang kita beli tadi. Namun jika kita mengawali berbuka dengan memakan kurma, kita bisa mengontrol rasa lapar. Apalagi jika setelah itu ditambah air putih, kemudian dijeda dengan salat Maghrib. Niscaya kita tidak akan begitu bernafsu untuk menyantap aneka makanan dalam porsi besar. Sehingga jika kita mau diet, pastinya masih bisa terjaga.

2.      Mudah dicerna

Kurma memiliki khasiat mengaktifkan enzim-enzim pencernaan, sehingga cocok sebagai pengawal menu berbuka. Dengan demikian, perut kita tidak akan ‘kaget’ ketika kita makan makanan berat sesudahnya. Sebab bagaimana pun juga, pencernaan kita baru saja beristirahat selama lebih dari 12 jam. Ini terntunya akan lebih menyehatkan organ pencernaan kita

3.      Sumber Energi & Gula Alami

Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa adalah pilihan yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Kandungan glukosa dan fruktosa alami yang terdapat dalam buah kurma merupakan sumber energi yang baik. Sehingga tubuh segera kembali merasa bertenaga setelah seharian menjalani puasa.

4.      Mencegah Sembelit

Selama puasa, biasanya kita jadi kurang cermat mengatur keseimbangan nutrisi makanan. Salah satu zat yang sering terlewatkan adalah serat, sehingga kita sulit BAB bahkan sembelit selama puasa. Salah satu manfaat kurma adalah kandungan serat larut dan asam amino yang bermanfaat untuk membantu meringankan kinerja sistem pembuangan kita.

5.      Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah

Kurma dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka. Biasanya peningkatan keasaman darah ini karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan saat berbuka puasa. Nah, mengonsumsi kurma dapat menghindari lonjakan asam darah ini.

Itulah manfaat Kurma yang bisa kita rasakan demi kesehatan kita. Ketika kita mengikuti Sunnah maka kebaikan yang akan kita Rasakan.

 

 

Posting Komentar untuk "5 ALASAN MENGAPA BERBUKA HARUS DENGAN KURMA"