Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENGATASI KEBOSANAN BELAJAR DARING

 

ANTI BOSAN SAAT DARING

Mengatasi Kebosanan Saat Daring

Semenjak berlangsungnya masa pandemi ini pembelajaran di Indonesia di laksanakan secara daring (dalam jaringan) demi menghindari penyebaran virus covid 19 dan juga sebagai sebagai penerapan physical distancing yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan gugus tugas covid 19, dengan demikian pembelajaran tatap muka ditiadakan sementara. Belajar dengan sistem jaringan merupakan suatu keharusan. Tentunya pada sistem ini siswa dituntut untuk lebih aktif belajar secara mandiri. Namun, dibalik itu semua ternyata begitu banyak cerita tentang kebosanan yang dirasakan oleh siswa. 

Di awal-awal pembelajaran daring, para siswa cukup menikmati proses belajar secara mandiri ini. Mereka begitu enjoy karena waktu mereka lebih banyak di rumah. Mereka mengalami dan Merasakan libur yang begitu panjang yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Namun, lama ke lamaan kesenangan berubah menjadi kebosanan. Mereka mulai rindu belajar di sekolah, belajar dan bermain bersama teman - teman. Tak jarang mereka mengeluhkan keadaan saat ini, entah kapan akan berakhir, dan mereka bisa kembali belajar di sekolah bersama-sama lagi.

Sekelumit cerita tentang kebosanan mereka pun muncul. Mereka mulai jenuh dengan tugas yang datang silih berganti. Sedangkan waktu mereka mengerjakan tugas seringkali terganggu dengan pekerjaan rumah, mengurus adik mereka, dan hal-hal lainnya. Tentunya berbeda saat mengerjakan tugas di sekolah, mereka bisa lebih fokus, bisa berdiskusi dan disertai dengan sedikit canda bersama teman.

Berikut kegiatan yang siswa lakukan untuk mengatasi kebosanan saat daring :

 

1.      Menyediakan cemilan

Nah, berarti belajar sambil ngunyah dong! Yah... menurut mereka cemilan ini cukup mampu membuat mood mereka kembali loh. Sehingga mereka merasa lebih asyik jika mengerjakan tugas sambil ngemil. Menyediakan cemilan ini juga harus dibatasi, jangan sampai belajar ini malah nambah pengeluaran kita. Selain itu kebanyakan makan cemilan ini bisa membuat kita cepat ngantuk sehingga belajar jadi tidak maksimal.

 

2.      Mendengarkan musik.

Mendengarkan musik sambil belajar/ mengerjakan tugas diyakini mampu membuat pikiran jadi lebih rileks. Para siswa juga melakukan hal ini untuk mengatasi kebosanan. Sambil mengerjakan tugas, sekali-sekali, kalian juga bisa ikutan bernyanyi loh!

 

Mendengarkan musik saat belajar memiliki banyak manfaat, diantaranya membantu suasana hati menjadi lebih baik. Musik dapat meningkatkan kadar dopamin dan neutransmitter yang meningkatkan perasaan bahagia dan gembira.

 

Beberapa penelitian menemukan fakta, kita akan lebih cepat memecahkan soal pelajaran saat kita berada dalam kondisi hati yang bahagia. Musik pun dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan karena musik membantu menurunkan kadar kortisol pada otak, yaitu hormon tubuh yang bertanggung jawab atas perasaan stres dan kecemasan.

 

3.      Ciptakan Suasa Nyaman

Saat belajar alangkah baiknya jika kita belajar dalam suasana yang tenang dan nyaman. Kamu bisa menghias kamarmu atau wilayah sekitar tempat belajarmu agar memiliki suasana yang bagus untuk belajar. Penerangan dapat kamu atur agar tidak terlalu terang atau terlalu redup.

 

Selain itu, udara yang terlalu panas akan membuat kamu merasa gerah, kurang nyaman. Sementara udara yang terlalu dingin juga akan membuatmu merasa ngantuk. Aturlah alat pendingin di ruanganmu senyaman mungkin.

 

Meja belajar yang terlihat menarik mungkin saja membuatmu tidak gampang merasa bosan. Hiaslah dengan beberapa barang lucu, foto-foto, atau hiasan lampu. Kemudian, jangan lupa tata meja belajarmu dengan rapi agar tidak mengganggu gerakan tanganmu saat menulis.

 

Belajar di luar ruangan juga tentu sangat mengasyikkan. Sambil belajar sambil menikmati pemandangan di luar rumah. Hal ini bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan. Mata menjadi lebih segar karena pandangan yang lebih luas dan sangat mampu mengatasi kejenuhan.

 

4.      Menonton televisi

Menonton televisi merupakan obat yang tepat juga loh. Tinggalkan sejenak tugas dan beralihlah ke acara televisi. Saksikan siaran televisi yang menarik menurut kalian. Hindari acara televisi yang membangkitkan emosi, jangan karena tayangan yang membangkitkan emosi malah menghilangkan mood kita untuk belajar. Yang harus dilakukan saat nonton televisi adalah dengan memilih acara televisi yang lebih santai seperti komedi, musik atau anime karena acara komedi bisa membuat tawa. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa tawa itu menyehatkan, dan yang pasti bisa membuat pikiran menjadi lebih santai dan rileks.  

 

5.      Belajar sambil Bermain dengan Teman atau saudara,

Belajar bukanlah kegiatan yang harus dilakukan sendirian. Agar belajar lebih seru, kamu bisa memanfaatkan fasilitas teknologi yang canggih seperti Zoom, Google Meet, Skype, Line, atau WhatsApp. Selain belajar menjadi asik dan tidak membosankan, kita akan mendapat ilmu tambahan yang mungkin kita enggak ngeh saat guru atau dosen menjelaskan.

 

Selain bisa menambah keakraban, juga bisa merilekskan fikiran dan menghilangkan kejenuhan karena kita bisa belajar sambil bermain dan bercerita.

 

Nah, kegiatan di atas inilah yang dilakukan oleh sebagian besar siswa untuk mengatasi kebosanan saat daring. Mereka pun sangat merindukan sistem belajar seperti biasa. Sistem belajar di sekolah yang selama ini mereka anggap membosankan dan menjenuhkan, ternyata sekarang mereka anggap lebih baik dibandingkan dengan belajar sistem daring.

Untuk itu marilah kita sama-sama berdoa semoga pandemi covid-19 ini segera berkahir, dan para siswa dapat kembali belajar di sekolah seperti biasa. Bisa belajar tatap muka lagi, berkumpul dengan teman dan belajar bersama.

 

Posting Komentar untuk "TIPS MENGATASI KEBOSANAN BELAJAR DARING"