Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BEKERJALAH DENGAN HATI

 

BEKERJALAH DENGAN HATI

Melihat seorang anggota tim yang bekerja dengan selalu semangat dan energik dan dengan riang gembira menumbukah semangat kepada sekelilingnya, dan saya bertanya mengapa anda bahagia bekerja disini, jawabnya "saya bekerja karena ini adalah pekerjaan saya dan saya akan memberi hasil maksimal untuknya" sungguh jawaban yang fantastis, dan saya mencari tahu apa rahasianya, ternyata rekan tersebut bekerja dengan hati.


Saat ini ada ada beberapa tingkatan kualitas orang dalam bekerja, Pada tataran paling rendah adalah bekerja dengan Fisik, lalu pada tataran yang lebih tinggi adalah bekerja dengan Pikiran, sedang pada aras yang paling tinggi adalah bekerja dengan Hati, Bagaimana sikap anda terhadap pekerjaan yang anda kerjakan,apakah memberi kedamaian atau hanya bekerja karena keterpaksaan, apapun pekerjaan kita ketika kita tidak bekerja dengan hati yang terjadi adalah takda interkoneksi antar batin, tak ada senyum dan perhatian, selain memenuhi perintah dan tugas, dan yang ada langkah yang berat dalam menjalani apapun aktivitas dan pekerjaan anda.


Setiap pekerjaan harus didorong oleh semangat dan perencanaan yang matang, bekerja jika dilakukan dengan keterpaksaan, maka dikhawatirkan hasilnya akan kurang maksimal. Bekerja dengan hati akan meningkatkan kinerja, karena satu sama lain saling bersinergi.Bekerja dan beraktifitas sebenernya adalah salah satu sarana ibadah dan mencari materi untuk kelangsungan hidup. Dalam bekerja, ada kearifan yang seharusnya dianut oleh mereka yang bekerja.

Ketika siapapun bekerja dengan hati, maka seberat apapun sebuah pekerjaan tidaklah terlalu berat untuk dirasakan. Dengan memanfaatkan hati sebagai salah satu modal dalam bekerja, maka ada kecerdasan dalam mensiasati semua pekerjaan yang sedang dihadapi. dengan demikian kesuksesan dalam bekerja akan mudah dicapai. Pada gilirannya secara psikis kita tidak terlalu merasakan apa itu stess. Tidak ada istilah dibodohi atau diperbudak oleh pekerjaan, dengan bekerja dengan hati akan menghantarkan kita mencapai standar hasil yang optimal.


Ya ketika kita bekerja dengan hati, dan Kita mengerjakan sesuatu karena suka dan tanpa terbebani oleh hal yang memberatkan pikiran, ataupun atas dasar menolong seseorang, namun pada akhirnya apa yang kita kerjakan menghasilkan sesuatu di luar dugaan. Banyak kisah sukses yang berawal dari sesuatu yang rupanya sering kita lalaikan : bekerja dengan cinta, atau dalam kata lain, bekerja dengan sepenuh hati. Apapun pekerjaan itu, apabila dilakukan dengan
sebaik-baiknya, pasti akan membawa manfaat, minimal bagi diri kita sendiri. Apabila gaji kita kecil, kompensasinya bukanlah rasa malas mengerjakan tugas-tugas kantor.


Apa sih manfaat bekerja dengan hati, manfaat bagi diri sendiri, pertama, rasa puas karena bisa menyelesaikan tugas dengan baik; kedua, kesempatan untuk meng-eksplore kemampuan diri; dan ketiga, kita menjadi lebih pandai dan terampil dalam bidang pekerjaan kita. Sedangkan ‘efek samping’ dari itu bisa berupa kenaikan gaji atau promosi (karena bos puas dengan hasil kerja
kita). Jikalau tidak ada ‘efek samping’ seperti yang disebutkan, setidaknya diri kita sudah cukup dibekali dengan prestasi dan ketrampilan untuk bekerja di tempat lain yang menawarkan lebih banyak tantangan dan/atau peluang, atau bahkan memulai usaha kita sendiri.


Modal utama seorang pekerja adalah kredibiltas diri kita sendiri,sedangkan kunci kredibilitas itu adalah kejujuran sehingga mencbuat pesona tersendiri yang dapat menyentuh nurani kita. Dalam bekerja, jangan hanya mengandalakan kecerdasan sebab cerdas tampa hati nurani tidak akan menghasilkan sesuatu yang berarti. Memberikan pelayanan serta bersikap ramah kepada orang lain dengan keiklasan hati dapat lebih memudahkan segala urusan dan memberikan kepuasan tersendiri pada diri kita serta jangan pernah mengharapkan pujian terhadap hasil karya kita.


Syukuri segala yang kita miliki, dan apapun pekerjaan atau aktivitas keseharian kita, jalanilah dengan sepenuh hati. jika saat ini anda masih bekerja, bersyukurlah karena masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk berkarya, mendapatkan penghasilan, dan mengaktualisasi diri melalui pekerjaan. Jalanilah pekerjaan dengan sepenuh hati dan penuh dedikasi. Karena jika kita bekerja setengah hati, pekerjaan itu beban. Jika kita bekerja sepenuh hati, pekerjaan itu tantangan. Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.


Bekerja dengan hati membuat kita menjadi lebih cerdas secara spiritual. Paling tidak kita memiliki perasaan menuju ke suatu tujuan (sense of purpose) dan perasaaan beryukur atas apa yang kita terima dan kerjakan saat ini . Kita merasa bahwa kita memiliki arti baik bagi diri kita sendiri, bagi orang-orang yang kita cintai bahkan bagi bangsa dan umat manusia pada umumnya, Bekerja akhirnya haruslah menjadi sesuatu yang memberi makna pada kehidupan kita dan dapat membantu kita untuk mencapai impian-impian kita serta menuntun kita ke arah tujuan.


"Cinta terhadap sesuatu pekerjaan atau aktivitas anda dapat mewujudkan sebuah prestasi gemilang dalam bidang pekerjaan"



" orang yang sukses adalah mereka yang mencintai apa yang mereka kerjakan "




 

 

Posting Komentar untuk "BEKERJALAH DENGAN HATI"