Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENALI ISTILAH DALAM BELANJA ONLINE, SUPAYA TIDAK SALAH DAN JADI VIRAL


ISTILAH BELANJA ONLINE

Banyaknya platform yang ada di Indonesia  ini sangat menguntungkan bagi Masyarkat kita untuk melakuakan jual beli Online.  Jual beli online semakin marak dilakukan di Indonesia beberapa tahun ini, terlebih saat wabah pandemi Covid -19 yang mengharuskan orang untuk tetap dirumah. Jual beli online ini banyak dilakukan melalui e-commerce, forum jual beli online, dan media sosial.  Bahkan tak jarang, barang yang dijual online jauh lebih murah ketimbang membelinya langsung di toko fisik. Dan saat ini banyak sekali Transaksi daring juga sangat praktis dilakukan, tinggal buka smartphone, memilih barang dan metode pembayaran, lalu barang akan diantar sampai ke pintu rumah. Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut.

Tak jarang para pembeli atau konsumen ini salah dalam mengartikan istilah belanja online ini. Sehingga kerap terjadi misskomunikasi dan mengakibatkan salah sasaran dalam melampiaskan kekesalan dari pembelian suatu barang yang tidak sesuai. Untuk menghindari hal tersebut, perlunya kita memahami istilah – istilah dalam belanja online ini, antara lain adalah :

-    COD (Cash on Delivery) Istilah COD sering disebut juga dengan bayar ditempat yang artinya proses jual beli dengan sistem pembayaran dilakukan pada saat barang yang dibeli sudah sampai tujuan. Jadi pembeli bisa ngecek langsung barang yang dibeli pada saat barang sampai lalu melakukan pembayaran. Disini banyak yang salah dalam memahami COD sehingga tak jarang yang mengalami perselisihan dengan Kurir. Dalam hal ini pembeli harus lebih hati – hati dalam melakukan transaksi dengan metode COD ini.

-     TRF/TF/XFR Kata-kata TRF/TF/XFR merupakan singkatan dari Transfer yang artinya dalam jual beli online adalah transfer pembayaran. Hal ini berkaitan dengan metode pembayaran, dimana pembeli bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual.

-      DP (Down Payment) DP yang artinya uang muka atau bisa disebut dengan uang jaminan. Hal ini sering kita jumpai di istilah bisnis online. Dimana pembeli harus melakukan pembayaran sebagai bentuk tanda jadi terhadap barang yang dipesan. Pembayarannya pun sesuai dengan ketentuan dari si penjual bisa setengah atau seperempat dari harga barang yang di pesan. Nah biasanya sistem DP yang berada di jualan online berupa barang Pre Order.

-     Ready Stock Kebalikan dari Restock dimana istilah Ready Stock merupakan barang yang dijualbelikan tersedia di tangan penjual dan siap untuk dikirim ke pembeli. Jadi penjual bisa langsung mengirim barang pesanan dari pembeli tanpa harus memesan lagi. Waktu yang dibutuhkan untuk barang tiba di tujuan pembeli tergantung dengan ekspedisi pengiriman.

-   Sold Out Istilah Sold Out adalah menunjukan barang tersebut telah habis laku terjual. Biasanya barang ini hanya tersedia beberapa saja tidak terlalu banyak. Anda tidak bisa melakukan pembelian barang yang sudah Sold Out terkecuali penjual melakukan restock.

-      PO (Pre Order) Maksud dari PO ini adalah pemesanan suatu barang dimana barang ini harus dibuat atau dipesan terlebih dahulu oleh seller. Contohnya barang yang dipesan berupa desain sehingga seller harus mendesain terlebih dahulu kemudian barang bisa dikirimkan kepada pembeli. Namun seller akan melakukan pembuatan atau pemesanan barang tersebut setelah pembeli telah melakukan pembayaran terhadap barang yang dipesan tersebut.

-     Ongkir merupakan singkatan dari Ongkos Kirim yang artinya disini membicarakan mengenai tarif ongkos kirim. Setiap pembelian online terdapat ongkir yang harus dibayar oleh pembeli, nah sebaiknya sebelum melakukan pembelian sebaiknya cek terlebih dahulu Ongkirnya.

-          Testi

Testi merupakan kependekan dari testimoni, yakni respon kepuasan dari pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Testimoni ini biasanya digunakan para penjual supaya calon costumer agar lebih percaya akan produk atau jasa mereka. Dalam marketplace, testi akan ditulis dalam kolom review. Semakin banyak testi yang positif, maka semakin besar pula peluang produk tersebut mudah terjual 

-          Slow Respon

Slow respon adalah istilah yang diberikan untuk penjual online yang tidak tanggap atau cepat dalam membalas pertanyaan pembeli, baik melalui chat (DM/PM) ataupun di forum diskusi. Perusahaan marketplace saat ini sudah memiliki sistem kecepatan yang menghitung seberapa cepat penjual online membalas chat yang dikirim pembeli. Semakin cepat chat dibalas, semakin bagus pula penilaian terhadap toko.

-          No Afgan

No afgan adalah istilah di mana penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual tetap membuka tawar menawar, namun dengan selisih yang tidak terlalu jauh. Istilah no afgan sendiri diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul Sadis. Sadis adalah istilah yang biasa dipakai untuk menawar barang terlalu rendah dari harga awal. Kebalikan dari sadis adalah nego tipis, yakni permintaan dari penjual agar menawar sewajarnya.

-          Buyer

Buyer memiliki arti pembeli, dimana buyer membeli barang atau jasa  dengan sejumlah uang atau berupa alat tukar lainnya.

-         Seller

Jika buyer adalah pembeli maka seller ini ialah penjualnya, Si penjual yang ada di toko online bisa dikatakan pemilik toko yang disebut dengan istilah seller yang menjual produk atau jasa secara online.

-       Reseller yang artinya juga sama yaitu penjual namun Reseller ini merupakan penjual yang menjual barang milik orang lain dengan kata lain Reseller tidak memiliki stok barang jualan.

 

-     Supplier Dalam istilah jualan online, Supplier diartikan sebagai pihak yang menyediakan stok barang untuk dijual oleh penjual. Biasanya Produsen atau berupa pabrik atau perusahaan yang memiliki banyak stok barang dan memberi kesempatan kepada pelaku bisnis online seperti Dropshipper maupun seller untuk kerjasama dengan ikut menjualkan barang mereka.

-      Dropship Penjualan yang dilakukan dengan melibatkan tiga pihak, bisa dikatakan sebagai perantara antara Supplier dan Buyer atau Konsumen. Dalam bahasa umu agen. Sistem kerjanya, jika ada pemesanan barang maka penjual akan menghubungi pihak Supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli. Peran ini biasa disebut dengan istilah Dropshipper yaitu yang menjualkan barang Supplier.

-   Trusted Seller Istilah ini diperuntukan untuk toko atau penjual yang artinya penjual terpercaya. Hal ini merupakan pengakuan berupa kepercayaan dari banyak orang terhadap penjual.

-      WS (Wholesale)Istilah WS sering digunakan oleh penjual yang menunjukan bahwa toko sipenjual merupakan Distributor yang siap melayani penjual ke Reseller. Biasanya pembelian produk secara besar-besaran dengan harga yang jauh lebih murah sehingga Reseller akan mendapatkan keuntungan lumayan besar.

-          FP (Full Payment) FP ini kebalikan dari DP dimana pembeli harus melakukan pembayaran sesuai dengan harga barang yang dibeli secara penuh (full) Misalnya Anda membeli barang seharga Rp150.000 maka Anda harus membayarnya langsung sesuai dengan harga tersebut yaitu Rp150.000.

-    Restock Arti dari istilah Restock dalam online shop menunjukan bahwa barang tersebut sedang dalam produksi ulang. Jadi jika Anda menemukan barang Restock pada saat belanja online sebaiknya tanyakan dulu kepada penjual berapa lama barang tersedia agar tidak terlalu lama menunggu.

-       OEM (Original Equipment Manufacturer) Banyak ditemui penjual sering mencantumkan kata OEM pada deskripsi produknya. Artinya barang tersebut merupakan barang original dari pabrik yang dikemas tidak terlalu bagus. Banyak pihak yang melakukan ini dengan cara membeli barang original kemudian mengolahnya dan kemudian dijual kembali dengan mengatasnamakan brand produk tersebut. Pembelian produk seperti ini sangat beresiko alangkah baiknya untuk membeli barang yang benar-benar original.

-     ONS (One Night Service) Nah istilah ONS ini dalam belanja online maksudnya adalah barang yang dipesan dapat menggunakan jasa pengiriman cepat yaitu maksimal dalam satu hari. Biasanya barang yang dipesan dengan layanan ini berada di kota yang sama atau dengan estimasi pengiriman satu hari.

-      Tracking Tracking merupakan proses pelacakan untuk mengetahui lokasi barang yang dibeli dengan menggunakan resi. Nah dalam pelacakan ini setiap ekspedisi biasanya memiliki istilah-istilah tersendiri dalam pengiriman barang. Misalnya saja ekspedisi JNE yang banyak sekali terdapat istilah JNE yang harus Anda ketahui.

-          PM (Private Message) Anda pasti pernah menemukan istilah PM di berbagai situs jual beli online. Sudah tau maksud dan artinya? Ok, langsung saja. PM artinya adalah pesan pribadi, dimana si penjual dan pembeli bisa langsung berkomunikasi langsung untuk membahas produk tertentu. Misalnya dengan cara PM, pembeli bisa menanyakan ketersediaan barang yang dijual kepada penjualnya langsung baik itu berupa ukuran, warna dan sebagainya.

-   BC (Broadcast Chat) yang artinya pengiriman pesan kebanyak orang. Hal ini sering dilakukan penjual yang biasanya untuk menawarkan barang dengan promo menarik terhadap para pelanggannya.

-          PnP (Plug and Play) Istilah PnP dalam online shop adalah menunjukan bahwa barang yang diperjualbelikan merupakan barang yang dapat langsung dipasang atau digunakan ketika terjadinya transaksi jual beli. Nah biasanya barang yang menggunakan istilah PnP ini berupa sperpat kendaraan bermotor. Jadi pembeli bisa langsung memasang sperpat yang dibeli sehingga meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan penjual.

-        PL (Price List) atau Preloved Istilah PL dalam jual beli online dikenal dengan dua arti yaitu bisa Price List dan bisa juga Preloved. Tentunya kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Price List sendiri memiliki arti daftar harga beberapa barang atau jasa yang dijual oleh toko. Biasanya istilah PL disini digunakan oleh pemilik toko untuk menjelaskan harga barang jualannya secara singkat tanpa harus panjang lebar.

-    Preloved artinya adalah barang bekas, namun perlu Anda ketahui bahwa barang yang di maksud Preloved ini adalah barang barang bekas dengan kondisi seperti baru sehingga masih sangat layak untuk digunaakan.

-     
BM (Black Market) BM atau Black Market ini adalah istilah untuk menyebutkan barang yang tidak resmi atau ilegal. Barang BM biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah dari pada harga aslinya. Barang BM tidak memiliki asuransi sehingga apabila terjadi kerusakan dan sebagainya tidak bisa melakukan klaim.

Posting Komentar untuk "KENALI ISTILAH DALAM BELANJA ONLINE, SUPAYA TIDAK SALAH DAN JADI VIRAL"