Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANFAAT BATANG PISANG/KEDEBONG PISANG

 

KEDEBONG PISANG

Pada Hari Sabtu, 4 September 2021 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah sebuah foto kedebong pisang yang dijual di Amerika Serikat. Ia kaget melihat sepotong kedebong pisang dijual dengan harga tinggi di sana

“Orang Indonesia "nangis" lihat harga potongan kecil kedebong pisang yang harganya hampir seratus ribu rupiah di Amerika Serikat ini. Disana potongan batang pohon pisang dijual di Hornbill Asian Market, USA seharga $5,95 kurang lebih setara dengan Rp 85.000,” tulis Khofifah seperti dikutip dari akun instagram @khofifah.ip, Sabtu, 4 September 2021.

Padahal di Indonesia sendiri kedebong pisang tidak termanfaatkan maksimal dah hanya dibuang saja setelah pisangnya matang. Paling – paling kedebong pisang dimanfaatkan untuk tali pembuat bungkus tempe, atau dimanfaatkan untuk makanan ternak, itupun sangat jarang. Di Indonesia bahan kedebong pisang ini sangat berlimpah. Apabila ini bisa di Ekspor mungkin bisa membantu perekonomian masyarakat.

Sebenernya untuk apasih kedebang pisang bisa semahal itu di Amerika?? Ternyata Kedebong pisang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, adapun manfaat tersebut di antaranya sebagai antioksidan dan antidiabetes. Berikut beberapa manfaat kedebong pisang untuk kesehatan:

1.      DETOKSIFIKASI SISTEM PENCERNAAN

Jus batang pohon pisang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan bahan alami ini sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan yang menyebabkan penyakit. 

Sebab jus batang pohon pisang ini membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan mengandung serat baik untuk usus manusia.

 

2.       KAYA SERAT DAN MENCEGAH BATU GINJAL

Pati dalam kedebong pisang menyerupai pati tepung sagu dan tepung tapioka. Kandungan gizi yang cukup tinggi memungkinkan kedebong pisang untuk dijadikan sebagai alternatif bahan pangan dan diolah menjadi tepung yang kaya karbohidrat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjudul “Mbongsang - Inovasi Mie Kedebong Pisang Kaya Serat dan Pencegah Batu Ginjal”, kedebong pisang bahkan dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan mie yang mereka beri nama Mibogsang. 

3.       MEMBANTU PENYEMBUHAN LUKA BAKAR

Penelitian yang dilakukan oleh Gusti Agung Putu Yogi Veda Ananta, mahasiswa Universitas Malahayat, yang berjudul “Potensi Batang Pisang (Musa Pardisiaca L.) dalam Penyembuhan Luka Bakar”, menemukan bahwa ekstrak batang pisang mengandung tanin, saponin, dan flavonoid yang masing-masing memiliki peran tersendiri dalam proses penyembuhan luka.

Senyawa Saponin memiliki aktivitas antiseptik yang membantu penyembuhan luka. Flavonoid dari golongan flavonol, flavon, dan isoflavon memiliki aktivitas antiinflamasi. Sedangkan Tanin merupakan senyawa polifenol dari golongan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dan juga anti inflamasi.

4.     PENURUNAN BERAT BADAN

Jus batang pohon pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia.

Hasilnya, batang pohon pisang ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan naik drastis.

 

5.     MENGOBATI INFEKSI  DAN MENGURANGI ASAM LAMBUNG

Saat bangun di pagi hari, asam lambung biasanya kan meningkat. Untuk menetralkan kembali lambung, cobalah untuk mengkonsumsi jus batang pisang setiap hari sebelum sarapan pagi. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah kerusakan dinding lambung.

Batang tanaman pisang sangat kaya akan kalium dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat batang tanaman ini mampu mengobati infeksi. Salah satu jenis infeksi yang dapat diobati melalui jus pohon pisang adalah infeksi saluran kemih atau ISK. 

6.     MENGOBATI CACAR AIR

Banyak yang percaya jika manusia pasti mengalami cacar air setidaknya sekali dalam hidupnya. Faktanya, ini belum tentu benar. Memang orang yang pernah mengalami cacar air kemungkinan besar tidak akan mengalaminya lagi. 

Namun bukan berarti orang yang belum pernah mengalami acar air pasti akan mengalaminya. Terserang cacar air atau tidak, itu tergantung pada kekuatan sistem kekebalan dan juga kebersihan tubuh.

Akan tetapi, meskipun hal ini benar, tak perlu khawatir karena cacar air atau biasa disebut cangkrang dapat diatasi dengan mudah menggunakan bonggol batang pisang. 

Caranya, ambil air bonggol pisang lalu campurkan dengan batang pulosari dan juga adas. Rebus campuran ini hingga mendidih dan minum 2 kali sehari.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "MANFAAT BATANG PISANG/KEDEBONG PISANG"