Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minuman sehat ini bisa memperkuat ginjal kamu loh!

 


Resep Minuman Herbal Memperkuat Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang yang berada di area punggung bagian bawah dan merupakan salah satu organ utama dalam sistem saluran kemih. Apabila ginjal mengalami gangguan, beragam komplikasi bisa terjadi, mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia, serta gangguan elektrolit.

Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah atau racun dari darah kemudian dibuang dalam bentuk urine. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan fungsi ginjal yang bertugas menghasilkan hormon pemberi kode pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah jadi terganggu. Jika produksi sel darah merah berkurang, darah tidak bisa optimal mengirimkan oksigen ke otak dan otot. Akibatnya, tubuh jadi gampang lelah, lemah, dan lesu terus-menerus.

Akibat lainnya, ketika ginjal tidak dapat menyaring limbah dengan baik, tubuh bisa mengalami uremia yaitu kondisi dimana kadar urea di dalam darah sangat tinggi sehingga menjadi racun bagi tubuh. Salah satu dampak penumpukan racun di aliran darah bisa sampai ke mulut. Makanan atau asupan yang masuk ke mulut bisa terasa seperti logam atau tidak enak. Tak pelak, penderita penyakit ginjal pun akan  mengalami bau mulut tak sedap

Selain bau mulut tak sedap, urimia juga bisa menyebabkan seseorang tidak nafsu makan, dan juga bisa memicu mual dan muntah yang bisa bikin perut tak nyaman. Kondisi tersebut akan membuat penderita penyakit ginjal tidak doyan makan yang mengakibatkan berat badannya menurun.

Senantiasa jagalah kesehatan ginjal karena ginjal yang sehat dapat mempertahankan sel-sel darah tetap di dalam tubuh. Namun, saat filter atau saringan ginjal rusak, sel-sel darah dapat "bocor" keurin. Selain memberi sinyal penyakit ginjal, darah dalam urin dapat mengindikasikan tumor, batu ginjal, atau infeksi

Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan ginjal dan melakukan pencegahan penyakit ginjal sejak dini. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi penyakit ginjal. Mulai dari tekanan darah tinggi, riwayat penyakit diabetes, adanya gangguan pada penyaringan ginjal, hingga riwayat keluarga dengan batu ginjal atau ginjal polikistik.

Namun tidak hanya itu, gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol, kurang berolahraga, memiliki pola makan tinggi garam dan gula, serta jarang mengonsumsi air putih menjadi pemicu lain seseorang rentan mengalami penyakit ginjal.

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan melakukan pencegahan penyakit ginjal sejak dini. Agar ginjal lebih sehat dan kuat, Anda dapat mengonsumsi minuman herbal yang dapat memperkuat ginjal. Berikut resep herbal memperkuat ginjal

  Bahan :

·         5 butir cengkeh

·         5 butir kapulaga

·         3 butir bunga lawang

·         200 ml air panas



        Cara membuat :

1.       Seduh semua bahan dengan air panas

Segera minum setelah hangat.

2.       Konsumsi setiap hari, setiap pagi.

 

Sumber : DOKTER ZAIDUL AKBAR







Posting Komentar untuk "Minuman sehat ini bisa memperkuat ginjal kamu loh!"