Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 KAMPUS SWASTA TERBAIK DI SUMATERA BARAT

Pada tanggal 29 Maren 2022 Kemaren telah diumumkan hasil SNMPTN dengan  Berdasarkan hasil Rapat Seleksi dan Alokasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 pada tanggal 26-28 Maret 2022. Pengumuman dilakukan melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id, dengan cara memasukkan Nomor Pendaftaran SNMPTN 2022 dan Tanggal Lahir Peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem LTMPT. Bagi Adek – adek yang berada di Sumatera Barat dan Daerha Lainnya yang tidak lulus, jangan berkecil hati. Karena tidak lulus SNMPTN bukan akhir dari segalanya. Lulus SNMPTN tidak bisa menjamin kita dalam meraih kesuksesan, toh sudah banyak orang yang sukses dari universitas swasta. Disini saya akan merangkum universitas swasta terbaik di Sumatera Barat

UNIVERSITAS BUNG HATTA

1.       Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta adalah salah satu universitas swasta terbesar di Sumatra Barat yang menyandang nama besar Bapak Proklamator Indonesia, Mohammad Hatta. Universitas Bung Hatta didirikan pada 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara. Pada 1996, berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Bung Hatta dengan kampus utama terletak di Jalan Sumatra, Kota Padang.

Inilah kampus swasta terbesar di Sumbar dan menyandang nama Bung Hatta. Kampus ini memiliki 7 Fakultas yakni :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Hukum

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Fakultas Teknologi Industri


Sedangkan Program Studi Pasca Sarjana. Terdiri dari :

Program studi Teknik Sipik

Program Studi Managemen

Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Perairan, Pesisir dan Kelautan

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Ilmu Hukum dan

Program Studi Arsitektur

UBH memiliki 3 kampus yang terdiri dari

Kampus Proklamator I terletak di Jalan Sumatera Ulak Karang Padang, Sumatera Barat 25133

Kampus Proklamator II: Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang, Sumatera Barat

Kampus Proklamator III: Jl. Gajah Mada No. 19 Olo Nanggalo Padang, Sumatera Barat 25143

 

Berdasarkan Webometrick peringkatnya adalah nomor 1 di Sumbar dan nomor 140 se-Indonesia kategori perguruan tinggi. Universitas Bung Hatta memiliki 257 Dosen dengan 6319 Orang Mahasiswa. UBH telah terakreditasi B.

UM SUMBAR

2.       UNIVERSITAS MUHAMMADIAH SUMBAR

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat adalah salah satu universitas swasta tertua di Sumatra Barat yang telah berdiri sejak tanggal 18 November 1955. Cikal bakal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dimulai dengan diselenggarakannya kuliah perdana untuk Fakultas Hukum dan Falsafah (kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ushuluddin) di Padang Panjang, dengan mahasiswa angkatan pertamanya adalah utusan cabang dan daerah Muhammadiyah se-Sumatra Barat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat saat ini memiliki kampus yang tersebar di 4 kota dalam provinsi Sumatra Barat yakni kota Padang, kota Padangpanjang, kota Bukittinggi dan kota Payakumbuh.

Pada saat ini Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat memiliki program studi yang cukup lengkap. Terdapat 10 Fakultas dan 18 program studi aktif yang bisa kamu pilih saat kuliah di kampus tersebut, semuanya sudah mendapatkan akreditasi B dari ban-pt.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) menduduki peringkat 2 kampus swasta terbaik di Sumbar versi Webometrics. Kampus yang terletak di Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh, secara nasional peringkatnya adalah 347.

 

UNIVERSITAS BAITURRAHMA

3.       UNIVERSITAS BAITURRAHMAH

Universitas Baiturrahmah (atau biasa disingkat Unbrah) adalah salah satu universitas swasta di Kota Padang, Sumatra Barat. Didirikan pada tanggal 16 juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dengan ketua Bapak H. Amran.

Universitas Baiturrahmah pada waktu ini memiliki 7 (tujuh) program studi, yakni program studi Pendidikan Dokter yang berada di Fakultas Kedokteran, program studi Pendidikan Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi, program studi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi Manajemen dan program studi Akuntansi keduanya difakultas Ekonomi serta, program studi D III Kebidanan serta program studi D III Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi, keduanya berdiri sendiri di dalam universitas. Di samping itu terdapat pula program studi Keperawatan di Akademi Keperawatan yang juga berada di dalam pengelolaan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, tetapi secara adminstratif terpisah dan Universitas Baiturrahmah.

Universitas Baiturrahmah memiliki satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatra dan satu-satunya fakultas kedokteran swasta di Sumatra Barat. Saat ini, program Kepaniteraan Klinik Senior FK Unbrah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Umum Daerah Solok di Solok

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa titik berat program pendidikan dilaksanakan di Universitas Baiturrahmah adalah dalam bidang kesehatan. Kalau dilihat dari kekhususan program studi dapat dikatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas sejenis pada 170 Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Kopertis Wilayah X (Sumatra Bagian Tengah). Bahkan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas sejenis dan lebih 500 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatra. Baik program studi Pendidikan Dokter maupun program studi Pendidikan Dokter Gigi telah di akreditasi secara nasional dan pada waktu ini berada pada peringkat B. Program studi yang baru dibuka yaitu Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi adalah juga satu-satunya program sejenis di Kopertis Wilayah X.

Berlokasi di Aia Pacah Padang, dan didirikan sejak 1994 oleh H.Amran. kini Baiturrahmah berada di peringkat 3 kampus swasta terbaik. Secara nasional peringkatnya adalah 423.

UNIDHA

4.       UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS

Universitas Dharma Andalas atau yang dikenal dengan UNIDHA merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dharma Andalas dengan SK Mendikbud RI No: 254/E/O/2014 tanggal 18 Juli 2014[1] dengan menambah 9 program studi baru dan 4 program studi saat FEB, sehingga ada sebanyak 13 program studi. Universitas Dharma Andalas berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dharma Andalas dan dibina langsung oleh Ikatan Alumni Universitas Andalas.

UNIDHA terletak di jalan Sawahan, Simpang Haru Kota Padang dan menjadi kampus swasta nomor 4 terbaik di Sumbar. Peringkat nasionalnya adalah 433.

 

UNES

5.       UNIVERSITAS EKA SAKTI

niversitas Ekasakti (UNES) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Padang. Universitas ini didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI) pada April 1973 silam. Pendirian universitas ini dipimpin oleh Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. bersama dengan Dr. Hj. Erawati Toelis, M.M.

Pada awal tahun 1973, YPTI mendirikan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang. Kemudian pada tahun 1980 YPTI mendirikan Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STEI). Lalu, pada tahun 1984, YPTI baru mendirikan UNES dan hingga saat ini terus berkembang. Akan tetapi sejak tahun 2008, YPTI berganti nama menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) dan terus menaungi UNES. 

UNES memiliki 7 Fakultas dengan total 21 program studi setingkat Strata Satu (S1/Sarjana). Sebanyak 20 program studi diantaranya terakreditasi B. Selain itu, institusi UNES juga terakreditasi B pada tahun 2018. UNES juga mempunyai Program Pascasarjana/Magister Hukum sejak tahun 2000.[1]

Kampus utama UNES berada di pusat Kota Padang, yang beralamat di Jalan Veteran Dalam No. 26B, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Dikenal dengan kampus merah marun.

UNES menempati peringkat 5 kampus swasta terbaik di Sumbar dan dan menduduki peringkat 562 secara nasional.

 

UPI YPTK

6.       UPI YPTK

Universitas Putra Indonesia " YPTK" adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Universitas ini didirikan oleh H. Herman Nawas beserta istrinya Dr. Hj. Zerni Melmusni, M.M., Ak. melalui yayasannya yaitu Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer Padang "(YPTK Padang)" pada tahun 1985. Pada awal berdirinya, universitas ini masih berbentuk sekolah tinggi yang terdiri dari STMIK, AMIK, STIE dan AAMPK. Saat ini universitas ini telah memiliki tujuh fakultas dan dua program pasca sarjana.

UPI YPTK memiliki 7 Fakultas dan 12 Program Studi serta 2 Program Pasca Sarjana. UPI sampai saat ini telah memiliki 279 Dosen dan 9962 orang Mahasiswa. UPI Berada di peringkat 6 dan 573 secara nasional.

 

Demikianlah informasi mengenai PTS terbaik di Provinsi Sumatra Barat. Sebenarnya banyak sekali kampus terbaik dan populer di Sumbar, namun disini kami merangkum 6 Besar kampus terbaik. Adapun sumber data yang diperoleh dari  Wikipedia, https://forlap.ristekdikti.go.id dan https://www.banpt.or.id Semoga bermanfaat

 

 

 

Posting Komentar untuk "6 KAMPUS SWASTA TERBAIK DI SUMATERA BARAT"