Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN

 

REKAYASA IDE

 

Disusun untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah: Komunikasi Pendidikan

Dosen Pengampu: Dr. Usiono, MA

logo uin sumatera utara

Disusun oleh : 

PGMI 6/Semester VII

Lusi Safitri (0306203124)



PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA 2023



MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN


Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data sehingga dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Hamalik menyebutkan bahwa jenis teknologi yang digunakan dalam pengajaran terdiri dari media audiovisual (film, filmstrip, televisi, dan kaset video) dan komputer. Media komputer adalah salah satu media interaktif yang memiliki peran utama untuk memproses informasi secara cermat, cepat dan dengan hasil yang akurat. Sebagai sebuah media pembelajaran komputer dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran tertentu. Selain itu, komputer sendiri dapat berfungsi sebagai salah satu sumber informasi, dengan demikian dapat menjadi sumber belajar bagi seorang siswa beberapa bagian utama dalam pembelajaran yang menggunakan media komputer.

Setiap sekolah memiliki fasilitas berbeda. Ketersedian media yang dapat menunjang proses belajar mengajar antara sekolah yang satu dengan sekolah lain. Keterbatasan akan media tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu sulitnya memperoleh media yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan kepada siswa, keterbatasan dana, cepat rusak, kurang dukungan dari pimpinan dan lain sebagainya.

Keterbatasan akan adanya media seperti perangkat presentasi yang diperlukan sebagai alat yang mampu menampilkan informasi yang terdapat. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan bantuan media powerpoint, seorang guru dapat mempresentasikan materi ajar kepada siswa bisa lebih mudah dalam mentransformasikan ilmunya melalui presentasi yang diberikan oleh seorang guru kepada anak didiknya di kelas. Disamping memudahkan seorang guru menguasai kelas dan membantu anak-anak didik untuk tetap fokus dengan apa yang diterangkan oleh seorang guru.

Dengan adanya media pembelajaran yaitu microsoft power point, ini tentu membantu para tutor didalam sebuah satuan sekolah dasar dapat memberikan pelajaran lewat tanyangan- tanyangan atau slides yang mampu menarik perhatian dan minat peserta didik atau warga belajar untuk lebih semangat dalam belajar.

Dengan power point yang disajikan dengan inti atau poin-poin penting dalam setiap materi pembelajaran juga akan membantu para peserta didik untuk lebih mengingat materi pelajarannya, karena langsung kepada intinya. Juga dengan penambahan animasi-animasi didalam power point tersebut akan menambah semangat peserta didik dalam belajar, karena didalam sebuah satuan Pendidikan sekolah dasar, media pembelajaran seperti ini cukup jarang diadakan, yang ada hanyalah media pembelajaran yang biasa dengan buku-buku pelajaran.
 
Didalam microsoft power point, seorang guru juga dapat menambahkan video-video yang berkenaan dengan materi pelajaran, dengan begitu peserta didik akan bisa langsung melihat materi pelajarannya lewat video tayangan yang dibuat dalam sebuah power point. Selain video, guru juga dapat menambahkan audio-audio pembangkit semangat peserat didiknya. Karena sebagian anak tentunya memiliki perbedaan gaya belajar dan salah satunya yaitu gaya belajar auditori yang mana seorang anak akan merasa rileks dan santai jika saat mereka belajar mereka sambil mendengarkan musik atau audio.

Seorang guru juga dapat menambahkan berbagai foto yang sesuai dengan materi pembelajaran, tentunya foto-foto tersebut akan mendukung peserta didik untuk lebih mampu mengingat akan materi pelajarannya. Hal tersebut dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran dengan menggunakan power point tergantung kepada kemampuan tutor menyelaraskan antara isi, gambar dan berbagai animasi yang digunakan agar lebih sedap dipandang dan mendukung peserta didik untuk lebih meningkatkan daya ingat mereka terhadap pelajaran-pelajaran mereka.

Dengan berbagai sajian dan permainan warna, huruf, animasi bergerak atau yang biasa akan mendorong semangat peserta didik dalam proses belajarnya. Dengan begitu, ini akan lebih meransang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang abhan ajar yang tersaji. Dengan power point diakui pesan informasi yang disampaikan secara visual mudah dipahami peserta didik daripada harus membaca buku terus menerus, justru akan menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik.

Media pembelajaran power point diakui membantu tenaga pendidik dalam penyampaian bahan ajar, dimana mereka tidak perlu menerangkan terlalu banyak, cukup dengan beberapa slides, foto, video yang telah disiapkan. Power point yang dibuat juga dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-ulang. Misalnya saat peserta didik kurang mengerti akan seuatu materi pelajaran, guru dapat menayangkan kembali isi power pointnya. Power point memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan.

Posting Komentar untuk "MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN"